12 Jan

Cara Mengurus Refund Pembelian di Google Play Store dengan VCN BNI

Alkisah, saya melakukan pembelian buku elektronik di Google Play Store menggunakan VCN BNI. Sayang, karena suatu kesalahan teknis, saya tidak bisa membuka buku tersebut di perangkat saya melalui Adobe Digital Editions. Setelah mencoba berbagai macam cara dan mengunjungi banyak forum, saya mencapai kesimpulan bahwa masalah yang saya temui tidak bisa diatasi dan sebaiknya saya meminta refund yang kemudian didokumentasikan agar bisa ditulis di blog ini. (ง’̀-‘́)ง

Screenshot pembelian saya di Google Play Store yang telah dibatalkan

Screenshot pembelian saya di Google Play Store yang telah dibatalkan

Jadi, bagaimana saya mengurus pengembalian dana tersebut? Pertama-tama, pada tanggal 12 Januari 2017, saya meminta refund (pengembalian dana penuh) di Google Play Store dengan mengisi formulir permintaan pengembalian dana. Pada formulir tersebut, saya memberitahu masalah yang saya alami, error yang saya temui, usaha yang telah saya lakukan, serta permintaan pengembalian dana. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa membacanya di  halaman Dukungan Google Play.  (ノ◕ヮ◕)ノ*:・゚✧

Syarat pengembalian dana pada pembelian buku elektronik di Google Play Store. Dapat dilihat bahwa dana dapat dikembalikan penuh jika diminta dalam 7 hari setelah pembelian.

Syarat pengembalian dana pada pembelian buku elektronik di Google Play Store. Dapat dilihat bahwa dana dapat dikembalikan penuh jika diminta dalam 7 hari setelah pembelian.

Singkat cerita, pengembalian dana saya disetujui dan dana tersebut dikembalikan oleh Google Play. Namun karena suatu masalah dana tersebut tidak kunjung masuk ke rekening saya   ಠ_ಠ  .  Karena besaran dana yang dikembalikan cukup besar dan saya tidak punya waktu untuk mengunjungi cabang BNI terdekat, saya memutuskan untuk mengurus pengembalian dana melalui layanan BNI Call.

Secara garis besar, langkah-langkah yang saya lakukan di sini meliputi:

  1. Menelpon layanan BNI Call. Karena saya menggunakan telepon rumah, saya menghubungi nomor 1500046. Layanan yang saya pilih adalah layanan perbankan (pencet nomor 2) dengan Bahasa Indonesia.
  2. Memberitahukan masalah terkait refund dana saya yang tidak kunjung masuk rekening. Oleh CS BNI, saya diminta memberi tahu keluhan, nomor rekening, nama lengkap, nomor telepon, nomor kartu VCN yang dipakai, tanggal transaksi, serta nilai transaksi yang dibatalkan.
  3. Setelah data tersebut dikonfirmasi, pihak CS BNI memberi tahu saya nomor tiket bukti pelaporan melalui BNI Call, kemudian meminta saya untuk mengirim email berisi data terkait transaksi beserta bukti identitas saya selaku pemilik rekening melalui email. Saya juga diminta menyertakan nomor tiket bukti pelaporan yang sudah diberitahukan sebelumnya dalam email tersebut. Email tersebut dikirim ke [ bnicall@bni.co.id ]. Data yang diminta oleh pihak CS BNI meliputi:
    • scan/ foto surat pernyataan kronologis pengembalian dana seperti terlampir pada gambar di bawah ini. Saya agak lupa rincian lengkap surat pernyataan ini, jadi surat yang dilampirkan di sini hanya berisi rincian yang saya ingat. Tapi pihak CS berkata bahwa bagian paling penting dari surat ini adalah tanda tangan nasabah selaku pemohon pengembalian dana, jadi jangan lupa tanda tangannya!  (ノ◕ヮ◕)ノ*:・゚✧ ✧゚・: *ヽ(◕ヮ◕ヽ)
Contoh surat pernyataan kronologis yang saya buat. Di sini, saya menerangkan kronologi transaksi yang saya lakukan beserta rincian singkat

Contoh surat pernyataan kronologis yang saya buat. Di sini, saya menerangkan kronologi transaksi yang saya lakukan beserta rincian singkat

    • scan/ foto kartu ATM bagian depan
    • scan/ foto KTP sebagai bukti identitas
    • scan/ foto buku rekening halaman depan sebagai bukti pemilik rekening
    • bukti transaksi dengan pihak Google Play Store
    • bukti komunikasi dengan pihak Google Play Store yang membuktikan bahwa pengembalian dana saya telah disetujui.

Tidak lama setelah mengirimkan email ke CS BNI Call, saya memperoleh email konfirmasi bahwa data saya telah diterima dan sedang diproses.

Screenshot email dari BNI Call untuk mengonfirmasi bahwa email saya telah diterima dan permohonan akan ditindaklanjuti

Screenshot email dari BNI Call untuk mengonfirmasi bahwa email saya telah diterima dan permohonan akan ditindaklanjuti

Pada akhirnya pengembalian dana saya berhasil, dan sorenya di hari yang sama, dana tersebut telah masuk rekening. Terima kasih banyak BNI Call dan Google Play Store! ( ゚ヮ゚)

 

 

49 total views, 0 views today


Dukung penulis dengan membagikan cerita ini :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *