03 Feb

Mengenal Blog UGM dan Cara Aktivasinya

Mungkin ada beberapa pengunjung yang sempat memperhatikan URL blog ini ketika membaca tulisan di sini. Ya, blog ini dibuat dengan memanfaatkan layanan blog pribadi mahasiswa UGM. Alamat blog ini juga menyertakan nama saya sebagai penulis, jadi anda boleh yakin bahwa identitas saya sebagai mahasiswa UGM valid. Setidaknya sampai saya lulus, karena blog ini juga akan tetap aktif setelah saya lulus. (~˘▾˘)~

Hasil tangkap layar dari halaman depan blog ini, diambil pada tanggal 03 Februari 2017.

Hasil tangkap layar dari halaman depan blog ini, diambil pada tanggal 03 Februari 2017.

Blog UGM dibuat dengan CMS WordPress, jadi tata cara pengelolaannya sama persis dengan blog WordPress. Walaupun demikian, blog UGM memiliki banyak keterbatasan yang tidak akan Anda temui dibandingkan jika Anda mendaftar langsung di WordPress. Batasan-batasan ini adalah sebagai berikut:

1) Batasan plugin dan tema yang bisa digunakan

Ini salah satu batasan yang menurut saya paling menjengkelkan. Walaupun saya dapat mengirim tulisan di blog ini, saya bukan pengurus utamanya. Status saya di blog ini hanyalah kontributor, sementara jabatan pengurus utamanya tetap karyawan UGM. Dan karenanya, demi alasan keamanan pengurus blog ini membatasi plugin dan tema yang bisa digunakan kontributor (mahasiswa). Mereka memilih plugin dan tema tertentu yang sekiranya dianggap menarik/ berguna/ secara acak, dan kontributor (saya) hanya bisa memilih dari plugin/ tema yang tersedia. Bukan hanya itu, saya juga tidak bisa mengunggah plugin/ tema sendiri.

Hasil tangkap layar menu Customize Appearance dari blog saya. Dapat dilihat bahwa tombol untuk mengunggah tema telah dihilangkan dan pilihan tema yang bisa digunakan dibatasi (169 pilihan)

Hasil tangkap layar menu Customize Appearance dari blog saya. Dapat dilihat bahwa tombol untuk mengunggah tema telah dihilangkan dan pilihan tema yang bisa digunakan dibatasi (166 pilihan)

2) Batasan media penyimpanan internal yang bisa digunakan

Pengurus blog ini membatasi media penyimpanan internal yang bisa digunakan mahasiswa sebesar 200MB. Karenanya, kebanyakan gambar yang ditampilkan di blog ini saya muat dari puush.me, layanan unggah dan tampil hasil tangkap layar secara daring yang juga menyediakan akses publik. Layanan ini sangat praktis, mengingat kebanyakan gambar yang saya muat di blog didapatkan dengan menangkap layar secara langsung. Selain itu, puush.me juga tidak melakukan kompresi dan pemrosesan ulang, sehingga gambar yang diunggah dapat ditampilkan dengan kualitas tinggi. (;一_一)

Hasil tangkap layar menu Dashboard blog saya. Dapat dilihat bahwa ruang penyimpanan yang dibolehkan hanya sebesar 200MB.

Hasil tangkap layar menu Dashboard blog saya. Dapat dilihat bahwa ruang penyimpanan yang dibolehkan hanya sebesar 200MB.

3) Alamat blog yang menunjukkan keterikatan dengan UGM

Membuat tulisan dengan membawa nama UGM itu.. gampang-gampang susah. Gampang karena prinsip saya adalah menulis hal yang ingin saya tulis, jadi saya tidak begitu peduli dengan fakta bahwa saya membawa nama UGM ketika menulis di sini. Susah karena semua tulisan saya di sini harus dipertanggungjawabkan sebagai mahasiswa UGM, jadi saya tidak boleh  menulis hal-hal yang menyinggung atau memprovokasi banyak pihak.  Saya juga tidak boleh mengomersialkan blog ini ⚆ _ ⚆

Jadi, mengapa dengan segala keterbatasan tersebut saya masih memutuskan untuk menggunakan layanan blog UGM alih-alih mendaftar di situs blogging tertentu?

1) Ketidaktahuan 

Sebelum mendaftar saya sama sekali tidak tahu bahwa blog UGM membatasi kemampuan penggunanya untuk memodifikasi blog. Selain itu, tidak banyak sivitas akademika UGM yang aktif menggunakan blog UGM, jadi informasi ini tidak dapat ditemui di manapun.  ┬─┬ ︵ /(.□. )

2) Kemalasan

Sebenarnya alasan ini agak lucu, tapi.. saya baru mengetahui pembatasan tersebut kira-kira setengah tahun setelah saya mendaftar!   。゜(`Д´)゜。  Dalam periode setengah tahun tersebut saya sudah mengirimkan banyak tulisan di blog ini dan amat disayangkan jika tulisan tersebut dihapus, jadi ya.. sudahlah… ༼ つ ಥ_ಥ ༽つ

Walaupun demikian, menurut saya blog UGM tetap memiliki daya pikat tersendiri dengan segala keterbatasannya. Jadi, jika Anda adalah salah satu sivitas akademika UGM yang berminat memiliki blog dengan embel-embel nama UGM di belakangnya, silahkan mendaftar dengan mengklik pranala luar di bawah ini. Pranala luar tersebut masih bekerja dengan baik pada tanggal 2 Februari 2017 (waktu akses saya yang terakhir), jadi silahkan ditengok. Jika pranala luar tersebut tidak bekerja, silahkan cek hasil pencadangannya di sini. (〆(・∀・@)

Prosedur Registrasi Web UGM

Sekian! Semoga cuap-cuap di atas dapat membantu. Jika Anda memiliki kritik, saran, pertanyaan atau informasi tambahan mengenai pembuatan blog UGM, jangan segan-segan untuk berkomentar di kiriman ini. Terima kasih. (ノ◕ヮ◕)ノ*:・゚✧

281 total views, 1 views today


Dukung penulis dengan membagikan cerita ini :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *