14 Jan

Mengenai Baju Sutra yang Hilang dan Didapat Kembali Berkat Devosi pada Bodhisattva Myouken

Cerita ini disarikan dari terjemahan Nihon Ryoiki oleh Burton Watson (2013) dengan perubahan.

Beratus-ratus tahun yang lau, di depan kuil yang bernama Shinobu-dera di distrik Ate, provinsi Kii, berdirilah sebuah rumah yang cukup megah. Di suatu waktu, sekelompok pencuri menerobos masuk rumah itu dan mencuri sepuluh baju sutra dari sana. Pemilik rumah itu pun berdoa dengan sungguh-sungguh pada Boddhisatva Myoken yang dikeramatkan di sana agar baju itu dikembalikan. Namun, amat disayangkan! Baju-baju tersebut sudah dijual ke seorang pedagang di kota Kii.

Belum tujuh hari berlalu, badai yang sangat kencang melanda kota itu. Angin tersebut menerbangkan baju-baju curian tadi, yang kemudian tersangkut di badan rusa, yang membawanya ke selatan dan meninggalkannya di kebun sang pemilik rumah. Sang pemilik rumah yang takjub akan kejadian itu pun berucap, “Ini pasti hadiah dari Surga!” Ketika pedagang yang membelinya  tahu bahwa baju-baju tersebut adalah barang curian, dia pun tidak memintanya kembali. Sungguh kejadian yang luar biasa!

Volume 1, Tale 34

DAFTAR PUSTAKA:

K., Watson, B., & Shirane, H. (2013). Record of miraculous events in Japan: The Nihon ryōiki. New York: Columbia University Press.

152 total views, 1 views today


Dukung penulis dengan membagikan cerita ini :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *